BANDAR UDARA
INTERNASIONAL
Bandar udara dibagi
menjadi dua bagia utama yaitu sisi udara (airside) dan dari sisi darat (andside).
Sisi udara suatu bandar udara meliputi runway, taxiway, epron dan
elemen-elemen penunjang-penunjang lainnya bagi kegiatan pesawat selama
pendaratan maupun tinggal landas. Sedangkan yang termasuk dalam sisi darat
suatu bandar udara meliputi gedung terminal, tempat parkir dan sirkulasi
kendaraan serta sistem jalan masuk darat ke bandar udara.
Bagian-bagian bandar udara
:
1.1. AIRSIDE
1.1.1. Runway
Runway
adalah area yang digunakan untuk take-off dan landing pesawat terbang yang
sedang beroperasi.
Terdapat
banyak konfigurasi runway. Kebanyakan merupakan kombinasi dari beberapa
konfigurasi dasar tersebut adalah :
1. Runway tunggal.
Konfigurasi
ini merupakan konfigurasi yang paling sederhana. Kapasitas runway tunggal dalam
kondisi VFR berkisar antara 50-100 operasi per jam, sedangkan untuk kondisi IFR
berkisar antara 50- 75 operasi per jam, tergantung pada komposisi campuran
pesawat dan alat bantu navigasi.
Konfigurasi
runway tunggal diperliahatkan pada gambar 2.1
Gambar
2.1. Runway Tunggal
2. Runway sejajar
Kapasitas
runway sejajar tergantung pada jumlah runway dan jarak diantaranya. Jarak antar
dua runway digolongkan dalam jarak yang rapat, menengah dan renggang.
Runway berjarak rapat (close parallel) mempunyai
jarak dari sumbu ke sumbu 700- 2.500 feet. Kapasitas runway ini untuk
kondisi VFR berkisar antara 100 – 200 operasi per jam, sedangkan untuk kondisi
IFR berkisar antara 50 – 60 operasi per
jam. Dalam kondisi IFR operasi penerbangan pada suatu runway tergantung
pada runway lain.
3. Runway berpotongan
Runway berpotongan ini diperlukan apabila terdapat angin
yang relatif kuat (prevailing wind) bertiup dari lebih satu arah,
sehingga mengakibatkan angin sisi (cross wind) berlebihan apabila hanya
dibuat runway saja. Kapsitas dua runway ini sangat tergantung
pada letak potongannya. Makin jauh letak titik potong dari ujung lepas landas
runway dan ambang pendaratan (threshold),
kapasitasnya makin rendah.
Untuk Makalah Lengkapnya Bisa di Download disini
Makasih Semoga bermanfaat untuk kita semua
Untuk Makalah Lengkapnya Bisa di Download disini
Makasih Semoga bermanfaat untuk kita semua
0 Comments:
Post a Comment