Home » » Pendapatan Perkapita Kabupaten Kaur

Pendapatan Perkapita Kabupaten Kaur

Pendapatan Perkapita Kabupaten Kaur 



Besarnya pendapatan regional perkapita dalam hal ini PDRB perkapita merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kesejahteraan penduduk. Pada tahun 2014 PDRB Kabupaten Kaur atas dasar harga berlaku telah mencapai 2.084 milyar rupiah, sedangkan PDRB atas dasar harga konstan 2010 sebesar 1.755 milyar rupiah dengan laju pertumbuhan sebesar 4,98%, mengalami perlambatan sebesar 0,07% dibanding tahun 2013 yang pertumbuhannya sebesar 5,05%

Untuk lebih meningkatkan pendapatan perkapita, maka laju pertumbuhan ekonomi harus ditingkatkan dan sebaliknya laju pertumbuhan penduduk perlu untuk dikendalikan. Karena pada dasarnya laju pertumbuhan penduduk yang cepat akan berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi terutama sekali terhadap perkembangan pendapatan regional. Semakin tinggi laju pertumbuhan penduduk maka semakin rendah pendapatan regionalnya dan sebaliknya semakin rendah laju pertumbuhan penduduk maka semakin tinggi pendapatan regionalnya dengan asumsi laju pertumbuhan ekonominya tetap. Oleh sebab itu pengendalian penduduk guna meningkatkan pendapatan regional harus dipikirkan baik oleh pemerintah maupun masyarakat. 

Perkembangan sektor primer yang mencakup sektor pertanian masih merupakan sektor andalan bagi perekonomian Kabupaten Kaur karena memberikan kontribusi paling besar bagi pembentukan PDRB Kabupaten Kaur dan masih merupakan usaha terpenting dalam kegiatan ekonomi masyarakat Kabupaten Kaur. Sektor pertanian memiliki angka kontribusi sebesar 54,31%.

0 Comments:

Post a Comment