Home » » Seperti apa gejala stroke itu

Seperti apa gejala stroke itu

Seperti apa gejala stroke itu?

Seperti apa gejala stroke itu

Otak kita seperti sebuah peta. Setiap provinsi dan kota punya tugasnya sendiri-sendiri. Gejala stroke ditentukan oleh di provinsi atau kota mana terjadi gangguan pasokan makanan. Itu sebab gejala stroke tidak hanya satu.

Jadi apa yang terjadi pada pembuluh darah otak, dan pembuluh otak mana yang terserang, gejala stroke ber beda-beda. Jika yang terjadi sumbatan, seberapa besarnya sumbatan itu, dan lokasi pembuluh otak mana yang tersumbat, menentukan jenis dan berat gejala strokenya. Paling spesifik gejala kelumpuhan separuh tubuh. Gangguan di pembuluh otak kiri, gejalanya di sisi tubuh kanan. Sebaliknya, ganggguan pembuluh otak kanan, gejala strokenya di sisi tubuh kiri.

Gejala stroke bervariasi dalam berat ringan dan ragam keluhannya. Mulai dari hanya kesemutan, kelemahan otot, gerakan tidak tangkas, kelhilangan sebagian lapangan penglihatan, buta mendadak, gangguan melirik, gangguan bicara, gangguan memhami pembicaraan, kesulitan melangkah, mengompol, sampai koma.

Pada stroke sumbatan (ischemic) umumnya pasien masih sadarkan diri, sedang pada stroke perdarahan (haemorrhagic) kesadaran umumnya sudah terganggu, bahkan bisa sampai pada tingkat koma.

0 Comments:

Post a Comment