Home » » Siapa yang biasanya kena jantung koroner?

Siapa yang biasanya kena jantung koroner?


Siapa yang biasanya kena jantung koroner?

Siapa yang biasanya kena jantung koroner?


Orang yng lemak darahnya terbilang tinggi, yakni triglyceride dan kolesterol. Selain kolesterol tinggi, orang beresiko kena jantung koroner jika perbandingan kolesterol total dengan kolesterol HDL lebih dari 4,5 untu pria dan lebih dari 4,0 untuk wanita.

Faktor risiko jantung koroner lainnya, 
(1) kegemukan 
(2) darah tinggi  
(3) kencing manis 
(4) perokok 
(5) stress dan 
(6) kurang berolahraga.

Dibanding orang jangkung, orang pendek lebih besar risiko kena jantung koroner sebab penampang koroner orang pendek lebih kecil daripada orang jangkung.

Orang dengan “coronary prone personality” punya kepribadian Tipe A. Orangnya agresif, kurang sabaran, mabuk kerja, perfeksionis, dan irama hidupnya serba cepat. Orang berkepribadian Tipe A lebih gampang kena jantung koroner dibanding yang kepribadiannya santai Tipe B.

Seperlima kasus jantung koroner kolesterolnya nirmal, namun kolesterol HDLnya rendah sehingga rtio kolesterol total dengan HDL lebih dari 4,5. Sebaliknya yang rationya kurang dari 4,5 pun tetapi kolesterol totalnya selalu tinggi berisiko koroner juga.

Faktor stress kini dominan. Stress meningkatkan kadar adrenalin darah, sel platelet saling melengket dalam darah, selain kolesterol dan tekanan darah juga meninggi. Dengan demikian aliran darah, dinding pembuluh darah, isi darah, dan tekanan darah berubah menjadi tidak lagi seimbang. Ujung dari keadaan begini, berkurangnya pasokan darah koroner.

0 Comments:

Post a Comment