Home » » Dalang Pembunuhan Raja Jayanegara

Dalang Pembunuhan Raja Jayanegara

Ada beberapa versi tentang siapa Dalang Pembunuhan Raja Jaya Negara

Versi Pertama
Pembunuhan ini betul betul didalangi oleh Ra Tanca
Seorang tabib sekaligus pengawal kepercayaan dari Raja Jaya Negara
Akan tetapi versi ini memiliki dua versi tentang alasan yang melatar belakangi Ra Tanca untuk melakukan pembunuhan terhadap Raja Jaya Negara :
versi pertama adalah karena istrinya Ra Tanca telah diperlakukan tidak senonoh oleh Raja Jaya Negara
Versi kedua adalah Ra Tanca Mendapatkan laporan dari istrinya kalaw Raja Jaya Negara telah berbuat tidak senonoh terhadap dua saudara perempuannya yaitu Dyah Gitarja atau Tribhuwana Tunggadewi dan Dyah Wiyat atau Sri Rajadewi.
Mengetahui hal ini, Ra Tanca lantas melapor kepada Gajah Mada, tapi sang patih tidak segera bertindak. Ra Tanca, yang merupakan abdi setia mendiang Raden Wijaya, lantas mengambil tindakan sendiri saat mendapatkan kesempatan mengobati Jayanegara.


Versi Kedua
Pembunuhan ini didalangi oleh Gajah Mada
Banyak referensi yang menyebut Gajah Mada punya andil dalam peristiwa matinya Jayanegara pada 1328, secara langsung atau tidak. Seorang peneliti sejarah asal Belanda, N.J. Krom, dalam Hindoe-Javaansche Geschiedenis, misalnya, meyakini bahwa Gajah Mada adalah otak pembunuhan itu.

Dikutip dari Parakitri Simbolon (2006) dalam Menjadi Indonesia, Krom meyakini bahwa Gajah Mada menyimpan dendam terhadap Jayanegara lantaran telah berbuat tidak senonoh terhadap istrinya. Gajah Mada memperalat Ra Tanca yang juga tabib istana untuk membunuh sang raja.

Versi Ketiga
Pembunuhan ini didalangi oleh Gajah Mada dan Gayatri
Earl Drake dalam Gayatri Rajapatni: Perempuan Di Balik Kejayaan Majapahit (2012:96-97) punya kesimpulan yang lebih mengejutkan. Ia menyebut, pembunuhan Jayanegara merupakan konspirasi Gayatri bersama Gajah Mada. Gayatri adalah ibu Tribhuwana Tunggadewi dan Sri Rajadewi atau salah satu istri Raden Wijaya sebelum menikahi Dara Petak, ibu Jayanegara.

Menurut Drake, Gayatri dan Gajah Mada ingin menghabisi nyawa Jayanegara karena kepemimpinan sang raja yang sewenang-wenang, serta niat Jayanegara yang ingin menikahi Tribhuwana Tunggadewi dan Sri Rajadewi yang tidak lain saudari tirinya sendiri.

0 Comments:

Post a Comment